Kamis, 08 Januari 2015

Cara Mudah Menghafal Sandi Morse

sandi morse, morse code
Sandi Morse
Sumber. http://en.wikipedia.org/wiki/Morse_code

Selamat pagi siang sore malam para blogger dan pembaca
Kali ini saya akan share tentang cara mudah menghafal sandi morse. Dulu sewaktu SD sampai SMP kelas satu saya sempat mengikuti ekstrakurikuler PRAMUKA di sekolah saya. Malahan saya bisa dikatakan aktif sekali waktu itu walaupun saya tidak menjadi salah satu pengurus initi PRAMUKA di sekolah saya. Ya, karena saya memang tidak begitu tertarik untuk menjadi pengurus atau semacamnya. Ribet menurut saya, mending main PS, hahaha..

Oke langsung saja. Seperti kita ketahui sandi morse adalah sandi yang ditemukan oleh Samuel Morse dan umumnya dinotasikan dengan titik dan garis. Titik untuk notasi pendek dan garis untuk notasi panjang. Untuk penerapannya biasanya digunakan bunyi, cahaya, atau bahkan bisa juga menggunakan asap atau benda lainnya.

Terkadang kita sering kesulitan untuk menghafalnya karena mungkin memang sulit untuk menghafal notasi titik dan garis. Untuk memudahkannya kita bisa merubahnya menjadi kata-kata.
  • Untuk notasi titik atau pendek, dirubah menjadi huruf vokal bebas "a, i, u, dan e".
  • Untuk notasi garis atau panjang, dirubah menjadi huruf vokal " O ".

Kita bisa merubahnya menjadi kata-kata ini.
  • A  - ano                        :   . _
  • B  - bonaparte              :   _ ... 
  • C  - cocacola                :   _ . _ .    
  • D  - dominan               :   _ ..
  • E  - egg                        :   .
  • F  - faterzonan             :   .. _ .
  • G  - golongan               :   _ _ .
  • H  - himalaya               :   ….
  • I   - ikan                       :   ..
  • J   - jagoloro                :   . _ _ _
  • K  - komando              :   _ . _
  • L  - lemonade              :   . _ ..
  • M - motor                    :   _ _
  • N  - nota                      :   _ .
  • O  - omono                  :   _ _ _
  • P  - pertolongan           :   . _ _ .
  • Q  - qomokaro             :   _ _ . _
  • R  - remora                  :   . _ .
  • S  - sahara                   :  
  • T  - tong                      :   _
  • U  - unesco                  :   .. _
  • V  - versikaro              :   … _
  • W - winoto                  :   . _ _
  • X  - xosendero             :   _ .. _
  • Y  - yosimono             :   _ . _ _
  • Z  - zoroaster               :   _ _ ..

Bagaimana, mudah bukan ?
Demikian artikel tentang cara mudah menghafal sandi morse. Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Semoga bermanfaat. Dan ...



SALAM PRAMUKA



3 komentar:

Ali Sofyan Nasution mengatakan...

Terimakasih tipsnya

apud2783mahpudin mengatakan...

Tul
Man

Unknown mengatakan...

Saya masih tingkat penggalang Ramu