Selasa, 06 Januari 2015

Tipe Kepribadian Manusia Menurut Hippocrates dan Galenus

hippocrates
Hippocrates, sumber wikipedia
Kali ini saya akan share tentang tipe-tipe kepribadian. Para filsuf serta para pemikir telah sepakat bahwa manusia dikatakan makhluk sosial, artinya makhluk yang tidak mungkin dapat hidup dalam kesendirian, dia akan selalu bergaul dan berinteraksi dengan manusia lainnya. Seorang manusia akan mencari teman dekat yang akan dijadikan temannya sesuai dengan tipe kepribadiannya dan sesuai dengan hati dan nuraninya. Mana yang menurutnya pantas akan ia pilih sebagai teman.


Pada dasarnya,setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda satu dengan yang lainnya. Penelitian mengenai kepribadian manusia sudah dilakukan para ahli sejak dulu kala. Kita mengenal Hippocrates dan Galenus (400 SM dan 175 SM) yang mengemukakan bahwa tipe kepribadian manusia bisa dibagi menjadi empat golongan menurut keadaan zat cair yang terkandung dalam tubuhnya.


1) Tipe Melencholicus (melankolisi)
yaitu orang-orang yang banyak empedu hitamnya. Sehingga orang-orang dengan tipe ini selalu bersikap murung atau muram, pesimistis dan selalu menaruh rasa curiga.

2) Tipe Sanguinicus (sanguinisi)
yaitu orang-orang yang banyak darahnya, sehingga orang-orang dengan tipe ini selalu menunjukkan wajah yang berseri-seri, periang atau selalu gembira dan bersikap optimistis.

3) Tipe Flegmaticus (flegmatisi)
yaitu orang-orang yang banyak lendirnya. Orang dengan tipe ini sifatnya lamban dan pemalas, wajahnya selalu pucat, pesimis, pembawaannya tenang dan pendiriannya tidak mudah berubah.

4) Tipe Cholericus (cholerisi)
yaitu orang-orang yang banyak kandungan empedu kuningnya. Orang dengan tipe ini umumnya bertubuh besar dan kuat, namun juga seorang penaik darah dan sukar mengendalikan diri. Serta sifatnya garang dan agresif.

Nah. itu tadi adalah tipe kepribadian manusia menurut Hippocrates dan Galenus. Sebenarnya saya tidak begitu paham dengan apa yang dimaksud dengan empedu hitam, empedu kuning, orang yang banyak darahnya (mungkin hipertensi) dan orang yang banyak lendirnya. Karena memang saya tidak paham tentang ilmu kedokteran.


Tapi berdasarkan ciri-ciri yang disebutkan di atas, tentunya kita bisa mengetahui mana di antara tipe-tipe kepribadian di atas yang lebih dominan pada diri kita.


Jadi, termasuk dalam tipe kepribadian yang manakah Anda ...?



Tidak ada komentar: