Jumat, 02 Januari 2015

Perubahan Hanyalah Soal Kau Berbeda dari Sebelumnya

everybody's changing, perubahan

Hari ini adalah tanggal 1 Januari. Bicara soal tahun baru, pasti tidak bisa lepas dari resolusi dan perubahan.

Menurut kalian apa arti perubahan ? Pasti jawaban anda tidak akan lepas dari
  • tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu
  • hari ini harus lebih baik dari hari kemarin
  • hari esok lebih baik dari hari ini
  • dan jawaban lain sejenisnya
Tapi kalau kita lebih memahami makna "perubahan", mungkin kata ini tidak melulu harus dikaitkan dengan perkembangan atau progres menjadi lebih baik. Orang kaya yang kemudian menjadi miskin karena bangkrut juga bisa disebut perubahan. Anak sekolah yang semula rangking 1 lalu sekarang menjadi rangking 5 misalnya, itu juga bisa disebut perubahan. Lalu apa makna yang lebih tepat untuk perubahan ?

Kalau menurut saya pribadi, perubahan hanyalah soal kau berbeda dari sebelumnya. Ya, mungkin memang sesederhana itu. Tapi bukan berarti perubahan juga bisa diidentikkan dengan "kemunduran". Karena maju atau mundurnya sesuatu itu hanyalah persoalan dari sudut pandang mana hal itu dinilai.

Contoh sederhananya bayangkan saja kita berdiri di depan pintu rumah. Lalu kita berjalan keluar untuk membeli sesuatu. Saat itu kita bisa dikatakan telah melakukan gerakan maju atau "perubahan maju". Tapi ternyata setelah ke luar dari halaman rumah ternyata kita baru sadar kalau dompet kita tertinggal. Akhirnya kita terpaksa harus kembali lagi ke rumah untuk mengambil dompet. Nah... Pada saat kita berjalan untuk pulang kembali untuk mengambil dompet, apakah itu bisa disebut "mundur/kemunduran".

Mungkin itu tidak bisa disebut mundur/kemunduran. Akan lebih tepat jika itu disebut berbalik atau berubah arah, karena faktanya pada saat kita berjalan kembali pulang kita tetap berjalan maju bukannya mundur. Kalau saat pulang kita jalan mundur mungkin sudah jatuh ke selokan deh, haha...

Sama halnya saat kita melihat perubahan pada diri orang lain. Kita tidak dapat menjudge itu baik atau buruk hanya dari sudut pandang kita sendiri. Mungkin itu terlihat buruk di mata kita, tapi belum tentu sama di mata orang lain.

Kesimpulannya, perubahan hanyalah soal kau berbeda dari sebelumnya. Memang tak akan mungkin perubahan akan terlihat baik di mata semua orang. Tapi saya rasa perubahan tidak ada yang buruk atau mundur. Yang ada hanyalah berubah arah. Karena faktanya tidak ada orang yang berjalan mundur untuk kembali ke rumah hanya untuk mengambil dompet yang tertinggal.

hahaha....




Tidak ada komentar: