Kamis, 08 Januari 2015

Tipe Kepribadian Manusia Menurut Gerard Heymans

Gerard Heymans
Gerard Heymans

Gerard Heymans (1857-1930), seorang ahli psikologi berkebangsaan Belanda mencoba membuat penggolongan tipe kepribadian manusia berdasarkan sifat psikis manusia. Menurut pendapatnya itu merupakan sifat-sifat pokok dari jiwa manusia. Sifat-sifat psikis tersebut ialah emosionalitas, aktivitas dan sifat-sifat pengiring lainnya (fungsi sekunder).

Gerard Heymans membagi tipe kepribadian manusia berdasarkan kuat lemahnya ketiga unsur tersebut  di dalam diri setiap orang. Ia membaginya menjadi tujuh tipe kepribadian sebagai berikut,

1)       Gapasioneerden (orang hebat)
Yaitu manusia yang emosional dan fungsi sekundernya kuat. Orang yang tergolong dalam tipe ini biasanya terlihat sebagai orang yang aktif. Mereka selalu bersikap keras, emosional, gila akan kekuasaan, egois dan suka mengancam. Mereka adalah patriot yang baik, memiliki rasa kekeluargaan yang kuat dan suka menolong orang yang lemah.
2)       Cholerici (orang garang)
Manusia yang aktif dan emosional, tetapi fungsi sekundernya lemah. Orang ini lincah, rajin bekerja, periang, pemberani, optimis dan suka pada hal-hal yang bersifat faktual. Mereka suka kemewahan, pemboros dan suka bertindak ceroboh tanpa berpikir panjang.
3)       Sentimentil (orang perayu)
Orang yang tidak aktif, emosional dan fungsi sekundernya kuat. Orang dengan tipe ini cenderung emosional, sering impulsif (menuruti kata hati) dan pintar berbicara sehingga mudah memengaruhi orang lain. Mereka menyukai kehidupan alam dan menjauhkan diri dari kebisingan dan keramaian.
4)       Nerveuzen (orang penggugup)
Adalah manusia yang tidak aktif dan fungsi sekundernya lemah tetapi memiliki emosi yang kuat. Orang-orang dengan tipe ini sifatnya emosional (mudah naik darah tetapi cepat menjadi dingin kembali), suka memprotes orang lain, tidak sabar, tidak mau berpikir panjang, agresif tetapi bukan pendendam.
5)       Flegmatici (orang tenang)
Orang yang tidak aktif dan fungsi sekundernya kuat. Manusia dengan tipe ini selalu bersikap tenang, sabar, tekun bekerja secara teratur, tidak lekas putus asa, berbicara singkat tetapi mantap. Mereka berpandangan luas, berbakat matematika, senang membaca dan memiliki ingatan yang baik. Orang dengan tipe ini umumnya rajin dan cekatan serta mampu berdiri sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain.
6)       Sanguinici (orang kekanak-kanakan)
Orang yang tidak aktif dan tidak emosional tetapi fungsi sekundernya kuat. Manusia dengan tipe ini sukar mengambil keputusan, kurang berani dan ragu-ragu dalam bertindak, pemurung, pendiam, suka menyendiri, berpegang teguh pada pendiriannya dan mudah mendendam. Namun mereka tidak gila hormat dan kekuasaan. Mereka selalu berpandangan konservatif dalam hal politik.
7)       Amorferm (orang tak berbentuk)
Orang yang tidak aktif, tidak emosional dan fungsi sekunderya lemah. Sifat-sifat orang dengan tipe ini antara lain kecerdasan intelektualnya kurang, picik, tidak praktis, selalu mengekor, canggung dan ingatannya buruk. Mereka termasuk orang yang perisau, peminum, pemboros dan cenderung membiarkan dirinya dibimbing dan dikuasai oleh orang lain.



Artikel terkait :

Tidak ada komentar: