Minggu, 04 Januari 2015

Mana yang lebih mudah ? Menulis atau Membaca ?

membaca dan menulis

Salam jumpa para blogger ! Ini adalah artikel ke tiga saya. Jujur saat ini saya masih sering merasa kesulitan mau menulis apa. Saya selalu bingung dalam menentukan ide untuk artikel saya.

Setelah mencoba membuat blog, saya menjadi tahu ternyata menulis itu tidak semudah yang saya bayangkan sebelumya. Menulis rupanya tidak semudah membaca.

Menurut saya, saat membaca yang kita lakukan adalah mencoba memahami apa yang kita baca. Dan tulisan yang kita baca pun biasanya adalah memang tulisan yang ingin kita baca atau cari sebelum kita membaca. Seperti saat saya ingin membuat blog, artikel yang saya ingin baca tentunya adalah artikel tentang panduan dalam membuat blog. Jadi pada saat membaca artikel itu tentunya saya merasa antusias dan bersemangat karena memang itu yang perlu saya baca.

Tapi lain halnya saat kita menulis. Saat menulis saya merasa seolah-olah sedang memainkan dua peran sekaligus. Sebagai pembaca dan sebagai penulis. Karena saat menulis kita tidak hanya menuangkan apa yang kita pikirkan. Tapi kita juga harus memperhatikan apakah pembaca akan merasa terhibur, antusias, atau mendapat manfaat saat ia membaca tulisan kita. Secara tidak langsung kita telah dituntut untuk menjadi pembaca saat kita menulis artikel kita.

Kesimpulannya, untuk bisa menulis kita harus bisa membaca. Bahkan menanam padi pun bukan hanya persoalan mencangkul tanah dan menanam benih saja kan. Tapi kita juga harus merawatnya dengan baik agar beras yang dihasilkan berkualitas dan bisa membuat orang lain merasakan kenikmatan saat memakannya.

Jadi. mana yang lebih mudah menurut anda ?
Menulis atau membaca ?



Tidak ada komentar: